Lakukan 3 Kebiasaan Positif Untuk Mencegah Batu Empedu

Info Kesehatan Keluarga - Lakukan 3 Kebiasaan Positif Untuk Mencegah Batu Empedu  | Semua orang memiliki resiko yang sama dapat terserang penyakit batu empedu. Namun ada beberapa orang yang memiliki resiko lebih rendah yaitu mereka yang lebih menjaga pola hidup sehat.

Lakukan 3 Kebiasaan Positif Untuk Mencegah Batu Empedu
Pepatah mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati. Bagi Anda yang tidak ingin menderita sakit akibat batu empedu, bisa lakukan 3 kebiasaan positif untuk mencegah batu empedu. Diantaranya adalah : 

1.Menjaga Berat Badan Ideal

Obesitas atau kegemukan merupakan salah satu faktor risiko dari batu empedu. Orang dengan obesitas umumnya memiliki kadar kolesterol tinggi, sehingga menyebabkan kantung empedu sulit untuk mengosongkan dirinya. Untuk itu, Anda perlu mengontrol berat badan Anda agar selalu dalam rentang yang sehat untuk mencegah batu empedu.

Jika perlu, Anda mungkin harus menurunkan berat badan Anda sampai mencapai ideal. Tapi, dengan syarat, yaitu harus dilakukan dengan cara yang sehat dan perlahan. Melakukan diet dengan membatasi kalori yang masuk ke tubuh sampai kurang dari 800 kalori dapat memperbesar risiko Anda mengembangkan batu empedu.

Menurunkan berat badan dalam waktu singkat dan kemudian berat badan Anda kembali lagi, juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena batu empedu, terutama jika Anda wanita. Idealnya, Anda menurunkan berat badan sebanyak 0,5-1 kg dalam waktu 1 minggu. Dan, sebaiknya kalori minimal yang masuk ke tubuh Anda saat diet adalah sebanyak 1200 kalori, tidak boleh kurang dari itu.

2.Terapkan pola makan sehat

Makanan merupakan salah satu penyebab penyakit batu empedu yang paling utama. Oleh sebab itu pilihlah makanan yang baik untuk mencegah batu empedu.

Lemak merupakan salah satu pentangan agar terhindar dari batu empedu, akan tetapi tubuh juga tetap membutuhkan lemak. Anda bisa memilih untuk mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal (seperti pada minyak zaitun dan minyak kanola) dan asam lemak omega-3 (seperti pada alpukat dan minyak ikan). Sebaliknya, Anda perlu membatasi makanan dengan lemak jenuh tinggi, seperti pada daging berlemak, mentega, jeroan, krim, cake, dan lainnya

Anda juga perlu mengonsumsi serat yang bisa ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan gandum. Setidaknya Anda harus mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan berat badan Anda. Perbanyak juga mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selain jenis makanan yang dipilih, Anda juga perlu mengatur jadwal makan. Hal ini terbukti dapat memperkecil risiko Anda terkena batu empedu.

3.Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu Anda mempertahankan maupun menurunkan berat badan. Olahraga juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Sehingga, olahraga dapat membantu Anda mencegah batu empedu. Anda disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.

Dari 3 kebiasaan positif untuk mencegah batu empedu diatas bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diingat bahwa belum ada cara untuk menobati batu empedu yang benar-benar paten dan meskipun ada belum tentu obat penghancur batu empedu tersebut cocok dengan tubuh kita sehingga tidak maksimal.

Comments